dpurevillage

dpurevillage

Tuesday, January 28, 2014

Tips Bersihkan Rumah Pasca Banjir






Rumah yang terkena banjir, sudah pasti berantakan dan kotor. Beragam furnitur dan peralatan rumah, tak jarang menjadi korban (basah, kotor, atau justru rusak dan harus dibuang).

Berikut ini tips membersihkan rumah pasca banjir yang dikutip dari beragam sumber:

Matikan Aliran Listrik
Biasanya PLN memutus saluran listrik di daerah yang dilanda banjir. Namun, bila aliran listrik di rumah Anda menyala, segeralah matikan, untuk menghindari bahaya korsleting atau tersengat listrik.

Pakai Air Bersih
Banjir sudah barang tentu akan mengundang lumpur masuk ke dalam rumah. Sediakan selang panjang dan serokan karet untuk mengusir lumpur dari dalam rumah.

Gunakan Sarung Tangan, Alas Kaki, dan Masker
Penyebaran penyakit pernafasan dan pencernaan pasca banjir sangat luar biasa. Agar tidak tertular penyakit-penyakit yang lazim terjangkit setelah bencana banjir, tak ada salahnya jika Anda menggunakan sarung tangan, alas kaki, dan masker saat membersihkan rumah. Utamakan keselamatan diri Anda.

Semprotkan Disinfektan
Masih terkait dengan penyakit pasca banjir, disinfektan sangat diperlukan saat membersihkan hunian. Semprotkan disinfektan ke dinding, lantai, atau daerah yang sulit terjangkau seperti kolong lemari atau di sela meja.

Jemur Barang yang Lembap
Pengeringan menggunakan cahaya matahari adalah yang paling efektif. Selain mengeringkan, juga dapat membunuh kuman dan mengurangi bau tak sedap.

Untuk barang-barang berukuran kecil, seperti pakaian, selimut, atau handuk, bisa dicuci dengan cara biasa atau direndam dahulu menggunakan air panas.

Untuk karpet atau kasur, setelah dibersihkan dan dijemur, perlu disemprot dengan cairan disinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang. Setelah itu lakukan penjemuran lagi.

Rebus Peralatan Makan
Penyakit pencernaan paling mudah terjangkit pasca banjir. Agar terhindar, rebuslah peralatan makan yang terbuat dari logam selama 5 – 10 menit, atau setidaknya disiram menggunakan air mendidih.

Semoga bermanfaat.


Sumber: Rumah.com

 

No comments:

Post a Comment