dpurevillage

dpurevillage

Monday, January 13, 2014

Bangun Rumah di Musim Hujan, Sah-Sah Saja.



 
Ilustrasi
Memasuki musim hujan, banyak hal yang harus diperhatikan soal rumah. Mulai dari urusan banjir, atap bocor, hingga bersih-bersih selokan.

Namun, bagaimana jika permasalahannya adalah kita baru saja ingin membangun rumah impian saat musim hujan tiba. Tak mudah memang, sebab harus pandai membagi waktu dan melihat kondisi saat membangun rumah.

Arsitek Nirwono Joga mengatakan, kita harus pintar-pintar mengatur waktu dan membaca kondisi cuaca agar pekerjaan pembangunan rumah ini bisa terus berjalan.

"Jika ingin membangun rumah pada musim hujan, yang paling penting yang harus Anda ingat adalah Anda harus mampu 'membaca' kondisi cuaca," katanya kepada Okezone.

Ada beberapa jadwal kerja yang memang harus diubah di musim penghujan seperti saat ini. Misalnya, jika hujan lebih sering turun pada sore hingga malam hari, kita bisa mengerjakan pondasi pembangunan pada pagi hingga siang hari.

"Pekerjaan yang bisa dilakukan pada pagi hingga siang hari itu seperti penyemenan dan pemasangan batu bata. Karena memang membutuhkan cahaya supaya cepat kering," imbuhnya.

Jika proses pembangunan rumah kita sudah pada tahap pengecatan, sebaiknya proses pengecatan juga kita lakukan pada pagi hingga siang hari. Karena cat juga membutuhkan cahaya matahari untuk mempercepat proses pengeringan.

"Namun sebaiknya menurut saya jika Anda membangun rumah pada musim hujan, pilihlah material yang cepat kering. Misalnya seperti semen dan cat yang cepat kering. Dengan begitu Anda bisa menghemat waktu dan bisa meneruskan pekerjaan pembangunan yang lain", ujarnya.

Jika cuaca sudah mulai mendung bukan berarti kita harus menghentikan pembangunan. Kita bisa mengerjakan pembangunan lainnya di bagian dalam ruangan. Pembangunan pada musim hujan memang tidak seefektif pada musim kemarau.

"Intinya bagaimana memanajemen waktu konstruksi dengan baik, dan menyiasati kondisi alam. Mana pekerjaan mana yang bisa didahulukan itu yang dikerjakan lebih dulu," tandasnya. 

 
Tips yang Dapat Membantu Kita Membangun Rumah di Musim Penghujan:

1. Tempatkanlah material atau bahan bangunan yang rentan terhadap air hujan pada tempat yang aman
Bahan bangunan seperti pasir, kayu, dan semen adalah contoh bahan bangunan yang rentan terhadap air hujan. Pasir jika terkena air hujan akan dapat terbawa aliran air karena bobot butirannya yang ringan. Semen jika terkena air hujan atau berada di tempat yang lembab akan dapat mengeras dan membatu sehingga akan dapat mengurangi kualitas adukan yang dihasilkan. Sedangkan kayu jika terkena air hujan akan menjadi mudah lapuk dan rusak. Oleh karena itu tempatkanlah bahan-bahan tersebut pada tempat yang aman dari guyuran air hujan, kita juga dapat memakai plastik yang lebar atau terpal untuk menutupinya.

2. Jangan tergesa-gesa dalam menyelesaikan proses pembangunan rumah
Jika pada saat musim hujan tiba maka tidak bisa kita pungkiri bahwa seolah-olah kita diharuskan untuk bisa berpacu dengan waktu untuk dapat menyelesaikan proses pembangunan rumah. Hal ini akan dapat mengakibatkan kualitas pengerjaan pembangunan rumah menjadi kurang bagus. Misalnya saja adalah pondasi bangunan yang kurang kuat yang ditandai dengan adanya keretakan pada dinding. Maka dari itu meskipun proses pembangunan dilakukan saat musim hujan usahakan untuk tidak tergesa-gesa dalam menyelesaikannya.

3. Pasanglah atap sementara untuk pengamanan kelancaran proses pembangunan rumah
Dengan memasang atap sementara atau dengan menggunakan penutup dari terpal akan membantu kita untuk melindungi keamanan kelancaran proses pembangunan rumah, terlebih untuk bagian yang berada di lokasi atau area yang terbuka, misalnya saja septic tank dan galian pondasi. Selain itu pasanglah juga atap penutup pada proses penataan dinding, dengan menggunakan penutup tersebut akan membuat dinding menjadi lebih cepat kering sehingga kita pun dapat melanjutkan proses pembangunan selanjutnya.
Nah itulah beberapa tips membangun rumah di musim penghujan yang dapat kita lakukan. Jika kita perhatikan tips-tips tersebut, untuk membangun rumah di musim penghujan, siapa takut! 




Diedit oleh: D'Pure Village Project

No comments:

Post a Comment